by

Tugas Akhir, Ekonomi Dan Bisnis Islam

Mau Punya Hunian Idaman? KPR/ KPA Syariah Solusinya.. .:: SIKAPI ::. Musyarakah mutanaqisah adalah akad antara dua pihak atau lebih yang berserikat atau berkongsi terhadap suatu barang dimana salah satu pihak kemudian membeli bagian pihak lainnya secara bertahap. Kemudian data yang terkumpul dianalisis yaitu data yang diperoleh disusun secara sistematik kemudian disimpulkan sehingga dapat diperoleh gambaran yang baik, jelas dan dapat memberikan data seteliti mungkin mengenai objek peneletian. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda, didukung dengan uji asumsi klasik dan uji statistik, dengan menggunakan bantuan program eviews versi 6. Hasil penelitian yang dilakukan pada tingkat alpha 5% menunjukan hasil bahwa, secara simultan variabel Margin Murabahah, Bunga KPR Bank Konvensional, dan Ujroh perpengaruh terhadap Tingkat Pembiayaan Kongsi Kepemilikan Rumah Syariah (KPRS) di Bank Muamalat Cabang Medan, dengan nilai F hitung 14,18644 lebih besar dari F tabel 13,6. Sedangkan secara parsial margin murabahah sangat mempengaruhi tingkat pembiayaan kongsi kepemilikan rumah syariah (KPRS) di Bank Muamalat Cabang Medan, sebesar 38,84%, sedangkan variabel Ujroh berpengaruh secara positif dan signifikan, sebesar 20,52%, dan variabel Bunga KPR Bank Konvensional berpengaruh negatif dan signifikan, sebesar -20,81%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keputusan masyarakat muslim untuk menggunakan bank syariah di Kota Surakarta secara parsial hanya dipengaruhi oleh kualitas keagamaan muslimin dan tingkat pendidikan muslimin, tidak dipengaruhi oleh tingkat pendapatan muslimin, usia muslimin, jenis kelamin muslimin, dan jarak rumah muslimin ke bank syariah.

Saran peneliti berdasarkan penelitian ini agar dana tabungan dan dana pembiayaan bank syariah di Kota Surakarta meningkat adalah: (1) Pemerintah Kota Surakarta meningkatkan kualitas guru Agama Islam yang mampu meningkatkan kesadaran anak didik untuk tekun beribadah dan semangat mengatur hidupnya berdasarkan syariat Islam, di antaranya menggunakan bank syariah, (2) Pemerintah Kota Surakarta atau Organisasi Masyarakat Muslim di Kota Surakarta meningkatkan jumlah fasilitas tempat ibadah seperti masjid, balai pengajian, dan tempat zakat untuk memudahkan masyarakat muslim Kota Surakarta dalam melakukan kegiatan keagamaan, (3) Pemerintah Kota Surakarta meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan, meningkatkan kualitas fisik sekolah yang telah ada, mengadakan biaya pendidikan yang lebih murah, dan memberikan bea siswa pendidikan untuk tingkat SD sampai dengan perguruan tinggi (S1 dan atau S2) maupun pendidikan informal, (4) Bank Indonesia lebih intensif melakukan sosialisasi dan peningkatan edukasi kepada masyarakat tentang perbankan syariah untuk meningkatkan ketertarikan dan pemahaman masyarakat terhadap keuangan dan perbankan syariah. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan akad murabahah dan musyarakah mutanaqishah pada Bank Muamalat Indonesia dalam produk KPR, sehingga dapat diketahui, hasil penelitian perbandingan akad murabahah dan musyarakah mutanaqishah dapat dilihat dari beberapa aspek yaitu persamaan dan perbedaan, kelebihan dan kekurangan antara kedua akad tersebut serta menjadikan akad musyarakah mutanaqishah sebagai alternatif dalam pembiayaan pemilikan rumah di Bank Mumalat Indonesia, dengan landasan bahwa, akad musyarakah mutanaqisah dalam produk KPR lebih memberikan kemudahan kepada nasabah dalam pembiayaan KPR tersebut.

Baca Juga :  8 Sikap Menjadi Marketing Properti Yang Disukai Konsumen - ProfPerti

2) Kedua belah pihak/mitra usaha menyertakan modal dan pemenuhan syarat. Hadirnya pembiayaan rumah disebabkan karena adanya permintaan masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan rumah secara cicilan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang lebih menekankan pada aspek pemahaman secara mendalam pada suatu masalah. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif yang bersifat deskriptif, lebih menekankan pada aspek pemahaman secara mendalam terhadap suatu masalah, dan termasuk dalam penelitian lapangan (Filed research). Bank Jabar Banten Syariah muncul sebagai lembaga keuangan yang menjembatani kepentingan pembeli dan penjual rumah dengan menawarkan fasilitas pembiayaan kepemilikan rumah secara kredit tanpa menggunakan bunga dalam transaksinya. Bank BTN Syariah lembaga keuangan menciptakan produk untuk para nasbah yang ingin memiliki rumah atau memperbaiki rumah dengan fasilitas produk pebiayaan KPR Subsidi di Bank BTN Syariah dengan Akad Murabahah. Setelah penggabungan ini, BSI langsung merilis produk KPR bank syariah yang disebut BSI Griya Hasanah. Saran yang dapat diberikan penulis bagi Bank Syariah Mandiri KCP Ahmad Yani Semarang adalah meningkatkan pelayanan serta kualitas produk agar tetap mampu bersaing dan lebih meningkatkan manajemen mutu, sumber daya manusia, sistem kerja, dan mampu menciptakan strategi yang kompetitif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel-variabel kualitas keagamaan muslimin, tingkat pendidikan muslimin, tingkat pendapatan muslimin, usia muslimin, jenis kelamin muslimin, dan jarak rumah muslimin ke bank syariah terhadap keputusan masyarakat muslim untuk menggunakan bank syariah di Kota Surakarta pada tahun 2008. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Post was by .

Kata Kunci: Kualitas Keagamaan Muslimin, Keputusan Masyarakat Muslim Untuk Menggunakan Bank Syariah, Allocation Proportional to Size of Strata, Regresi Logistic. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dengan teknik Alokasi Sampel Berimbang dengan Besarnya Strata (Allocation Proportional to Size of Strata). Sedangkan untuk data sekunder diambil dari buku-buku, skripsi, tesis, jurnal, internet, pedoman penulisan skripsi Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan bacaan yang relevan dan berhubungan dengan penelitian. Perumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Mekanisme Akad Musyarakah pada Pembiayaan Griya Konstruksi iB Hasanah untuk Developer di Bank BNI Syariah Cilegon? Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Mekanisme akad Musyarakah pada pembiayaan Griya Konstruksi iB Hasanah untuk Developer dilakukan dengan tahap sebagai berikut: (1) Bank melakukan kerja sama dengan Developer (Perusahaan Pembangunan Perumahan). Bank BNI Syariah Cilegon memiliki produk pembiayaan Griya Konstruksi iB Hasanah diperuntukan bagi Developer/perusahaan pembangunan perumahan dengan menggunakan akad Musyarakah. Mustika, Ika (2019) Tinjauan Hukum Islam Tentang Praktik Sale and Buy Back (Bai’ al-‘Inah) dalam Pembiayaan Griya Konstruksi iB Hasanah (Studi Kasus di BNI Syariah Kantor Cabang Reguler (KCR) Cilegon). 2) Bagaimana Tinjauan Hukum Islam Tentang Praktik Sale and Buy Back (Bai‟ Al-„Inah) dalam pembiayaan Griya Konstruksi iB Hasanah pada Bank BNI Syariah Cilegon?

Baca Juga :  Tips Desain Rumah Terbaru, Balkon Bisa Jadi Tempat Bersantai Yang Nyaman - Tribunlampung.co.id

About Author: Eva Susanti

Gravatar Image
Eva Susanti adalah nama penanya. Gadis yang kini berusia 28 tahun sudah tertarik dengan psikologi . Kini Ia bekerja di salah satu Penerbit Buku Pendidikan di Yogyakarta. Di luar kerja, Ia lebih memilih menghabiskan waktu produktif menulis buku.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed