by

Tabungan Perumahan Rakyat TAPERA Untuk PNS Dan Pekerja Lainnya

Walaupun sudah banyak program dan skema penyediaan rumah yang dijalankan pemerintah, fakta menunjukan bahwa masih banyak MBR, termasuk para ASN dan prajurit TNI/Polri yang belum memiliki rumah layak huni. Data pemerintah menunjukan ada sekitar 945 ribu ASN, 275 ribu PNS prajurit TNI dan 360 ribu anggota Polri yang belum mendapat hunian layak (BPS, 2017). Jumlah tersebut mencapai sekitar 1,3% dari total tenaga kerja di Indonesia sebanyak 121 juta orang atau sekitar 3,29% dari total buruh/karyawan/pegawai di Indonesia sebanyak 48 juta orang. Guna mempercepat kepemilikan rumah layak huni pada ASN dan prajurit TNI/POLRI, Pemerintah perlu menyediakan alternatif lain. Saat sekarang ini pembelian rumah secara kredit menjadi alternatif menarik dengan kondisi ekonomi yang kurang stabil. Rumah merupakan salah satu kebutuhan manusia yang harus dipenuhi. Akad adalah perjanjian dalam proses KPR yang sama-sama harus ditaati oleh bank dan pemohon/nasabah. KPR merupakan produk dari bank berupa layanan pembiayaan untuk pembelian rumah dengan cara kredit. Maybank Indonesia melaksanakan program KPR dibidang perumahan rakyat yang tidak memiliki biaya untuk membeli rumah dengan mengadakan perjanjian kredit dan memenuhi seluruh ketentuan yang ditentukan oleh Bank. This data done by !

Namun setelah krisis moneter banyak bank di Indonesia yang dilikuidasi oleh Bank Indonesia karena dinilai keadaan bank tersebut sudah tidak sehat dan tidak layak lagi untuk beroperasi. Sistem informasi akuntansi FLPP juga sudah memenuhi unsur-unsur sistem informasi akuntansi.Namun pelaksanaan Lingkungan Pengendalian dan aktivitas pengendalian intern FLPP belum efektif karena unit yang memiliki peran sangat penting dalam perusahaan ditiadakan dalam struktural perusahaan, selain itu ada beberapa kegiatan yang kurang sesuai seperti pemisahan tugas yang tidak dapat berjalan dengan baik.Disarankan proses wawancara dilakukan setelah unit loan service menerima berkas persyaratan pengajuan kredit dari calon debitur untuk menghindari ketidaksesuaian data identitas debitur dengan data yang disampaikan pada saat wawancara, perlu perbaikan aktivitas pengendalian intern oleh bank dengan melakukan pemisahan fungsi setiap unit agar dapat melakukan pekerjaannya sesuai dengan job disk masing-masing unit dan unit internal control diadakan kembali mengingat sangat penting keberadaannya dalam sebuah perusahaan serta dilakukan penambahan personel untuk mengisi kekosongan di unit tersebut sesuai dengan kemampuan dan keahliannya, sehingga tugas dan tanggung jawab masing-masing personel dapat dijalankan dengan baik. This created by GSA .

Baca Juga :  6 Festival Terpopuler Di Indonesia Yang Paling Sering Dinanti

Merebaknya kasus perumahan pada dasarnya diawali dengan ketidak sesuaian antara apa yang tercantum dalam brosur/iklan dengan yang tersurat dalam perjanjian jual beli yang ditandatangai oleh konsumen Berdasarkan uraian tersebut, terdapat beberapa permasalahan yaitu : 1. Bagaimana pelaksanaan proses perjanjian jual beli rumah secara kredit antara developer dan pembeli di PT Bank Perkreditan Rakyat Klepu Mitra Kencana? Kata Kunci : Perlindungan, Perjanjian, Jual Beli, Rumah, Pelaksanaan Pemenuhan kebutuhan akan Perumahan merupakan hak individu yang sepenuhnya menjadi tanggung jawab masing-masing individu Beberapa kasus perumahan yang terjadi pada umumnya memposisikan konsumen sebagai kelompok yang lemah dibandingkan dengan pengembang (Developer). Meningkatnya persaingan dibidang jasa pembiayaan KPR saat ini khusunya di kota Padang, membuat konsumen lebih teliti dalam memilih perusahaan jasa pembiayaan KPR yang sesuai dengan kemampuan mereka. Kurniyati, Renny (2015) STRATEGI BERSAING PRODUK KPR BTN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SWOT (Studi pada bank BTN Kantor Cabang Pembantu UNS Surakarta). Bank BTN adalah bank yang terkenal sebagai bank Kepemilikan Perumahan Rakyat.

Setelah menjadi Presiden RI pada tahun 2014, Joko Widodo melebur Kementerian Perumahan Rakyat kedalam Kementerian Pekerjaan Umum sehingga menjadi Kementerian PUPR. Tapera resmi berlaku setelah Presiden mengeluarkan Peraturan Pemerintah nomor 25 tahun 2020 tentang penyelenggaraan tabungan Perumahan Rakyat pada tanggal 20 Mei 2020 lalu. Dimana, bank BTN merupakan suatu badan usaha milik Negara (BUNM) yang bergerak dibidang perbankan yang ditunjuk pertama kali oleh pemerintah sebagai wadah pembiayaan proyek perumahan untuk rakyat di Indonesia. Seperti kita ketahui bahwa fungsi Bank yang utama sebagai lembaga keuangan yang menghimpun dana dari masyarakat yang mengalami surplus dalam bentuk simpanan kemudian menyalurkannya kembali ke masyarakat yang kekurangan dana dalam bentuk kredit. Untuk Apa Saja Pemanfaatan Dana Tapera ? Sebelum masa krisis moneter banyak bank di Indonesia yang beroperasi dalam rangka melaksanakan salah satu tugasnya yaitu mengawasi dan melayani nasabah dalam menerima penyimpanan dana masyarakat dari berbagai bentuk, menyalurkan dana tersebut dalam bentuk kredit kepada masyarakat yang memerlukan baik dalam rangka mengembangkan usahanya maupun untuk keuangan pribadi dan melaksanakan berbagai jasa yang diperlukan masyarakat dalam kegiatan perdagangan dan pembayaran dalam negeri maupun luar negeri. Tujuan dari penelitian ini adalah merumuskan perencanaan strategi bersaing yang tepat bagi bank BTN KCP UNS serta menentukan prioritas perencanaan strategi bersaing yang dapat digunakan oleh bank BTN KCP UNS dengan menganalisis faktor internal dan eksternal.

Baca Juga :  9 Desain Taman Rumah Mulai Dari Yang Sederhana Sampai Modern, Adem Dan Segar!

About Author: Eva Susanti

Gravatar Image
Eva Susanti adalah nama penanya. Gadis yang kini berusia 28 tahun sudah tertarik dengan psikologi . Kini Ia bekerja di salah satu Penerbit Buku Pendidikan di Yogyakarta. Di luar kerja, Ia lebih memilih menghabiskan waktu produktif menulis buku.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed