by

Rumah Syariah Tanpa Riba

Perjanjian tersebut dilaksanakan berdasarkan prinsip-prinsip syariah. Adapun penanganan yang di lakukan oleh bank BTN KCS Yogyakarta sudah sesuai dengan hukum yang berlaku dalam Islam, dengan melakukan tindakan-tindakan yang berlandaskan pada prinsip-prinsip syariah, yaitu diantaranya dengan cara Al-Sult (secara damai), At-Tahkin (melalui badan arbitrase), dan Al-Qadha (peradilan). Bedanya kalau dengan Bank kamu harus memenuhi beberapa persyaratan yang dinilai ribet dan tentunya merepotkan orang-orang yang memang inginnya instan. KPR bermasalah dapat diartikan sebagai suatu pembiayaan kepemilikan rumah yang mengalami kemacetan antara pihak debitur yang tidak mampu memenuhi kewajibannya yang telah di janjikan kepada pihak bank atau perusahaan. Dari hasil analisis regresi berganda dapat disimpulkan bahwa, variable pembiayaan KPR tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah, variable biaya administrasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Pada penelitian ini menggunakan uji normalitas data, uji regresi berganda dan uji hipotesis. Sedangkan dari hasil uji F ternyata factor pembiayaan KPR dan biaya administrasi ada hubungan yang linier. Hasil dari penelitian Pembiayaan iB Griya Hasanah yang menggunakan analisis SWOT pemasaran yang dilakukan tidak begitu berhasil. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan Bank BTN KCS Yogyakarta dalam penerapan strategi penanganan KPR bermasalah sudah sangat baik untuk dapat mengendalikan pembiayaan agar tidak mengalami kemacetan dengan menggunakan prinsip 5C yaitu character, capacity, capital, collateral, condition.

Pada prespektif ekonomi syariah terhadap pelaksanan akad murabahah dalam pembiayaan perumahan pada Bank Muamalat Cabang Palu tidak adanya terjadi Riba, Maisyir, Gharar. Hasil penelitian menunjukan bawah pelaksanaan akad murabahah dalam pembiayaan perumahan pada Bank Mumalat Cabang Palu tahapan yang akan dilalui oleh nasabah yang hendak mengajukan pembiayaan perumahan ada empat tahap, yaitu: mengajukan permohonan pembiayaan, tahap analisa, tahap persetujuan, dan tahap penandatanganan akad. Dengan hasil ang sangat kecil dari pembiayaan lainnya yang menggunakan akad murabahah. Jadi hasil penelitian ini berupa analisa-analisa data kuantitatif yang dihitung menggunakan SPSS untuk menilai sejauhmana hubungan pengaruh tetntang pembiayaan KPR dan biaya administrasi terhadap kepuasan nasabah Bank Muamalat Tulungagung. Teknik pengumpulan data dengan wawancara langsung dengan Collection Staff selaku bagian yang menangani masalah pembiayaan bermasalah pada KPR. Adapun metode pengumpulan data yang diperoleh adalah dengan cara wawancara kepada staf collection yang menangani KPR bermasalah di Bank BTN KCS Yogyakarta. Bank pertama yang akan dibahas adalah Bank Syariah Indonesia (BSI). Berkembangnya Bank Syari’ah di dunia pada awal 1980-an sampai juga ke Indonesia. Salah satu perbankan Syari’ah di Indonesia yaitu BNI Syariah merupakan lembaga keuangan bank yang bergerak dibidang jasa keuangan kegiatannya menarik uang dari masyarakat dan menyalurkan kembali ke masyarakat. Bank BNI Syariah Cabang Semarang memiliki peranan penting terutama dalam pembuatan akta, sebagai bentuk dari dibuatnya suatu perjanjian kredit/pembiayaan.

Baca Juga :  Jasa Desain Interior Apartemen Terbaik

Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini penulis melakukan observasi langsung ke Bank BNI Syariah Kantor Cabang Semarang untuk memperoleh informasi atau data, dalam hal ini penulis melakukan wawncara pribadi dengan Starf Pengelola Pemasaran Produk BNI iB Griya Hasanah Saudara Pungkas Murmantoro . Hasil dari penelitian ini yaitu: model layanan syariah yang dilakukan yaitu proses dan jenis persiapan menuju tempat wisata tidak bertentangan dengan syariah, karyawan OTW tour dan pengguna jasa berpakaian islami, edukasi tentang cara shalat bagi musafir, tempat dan rumah makan serta hotel yang tidak betentangan dengan syariah. Sementara respon kurang positif yang didapat pengguna travel yaitu pada kenyataannya lagu/video yang diputar kadang pemerannya tidak menutup aurat, tempat penginapan tidak selamanya berbasis syariah, dan di tempat wisata masih banyak bersama-sama dengan lawan jenis. Untuk mengetahui tinjauan ekonomi syariah tentang strategi bersaing usaha budidaya lovebird dalam meningkatkan profitabilitas usaha di pekanbaru Populasi dalam penelitian ini adalah 2 orang pemilik dan 5 orang karyawan usaha budidaya lovebird yang masing memiliki inisial birdfarm yaitu koro-koro birdfarm.

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu mengambil dari data lapangan lalu dianalisis lebih lanjut kemudian diambil suatu kesimpulan. Analisis data yang digunakan ialah analisis data kualitatif dengan metode induktif. Pengecekan keabsahan data yang digunakan ialah dengan teknik triangulasi. Untuk menyelesaikan sisa hutang dikarenakan terjadinya gagal bayar🚫, maka atas kesepakatan kedua belah pihak akan dilakukan penjualan asset yang dimiliki pembeli untuk digunakan membayar hutang💸. Penelitian lapangan, yaitu teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dengan bagian Marketing KPR, Bagian HUMAS, dan Back Office Bank Muamalat Cabang Cirebon yang bertanggung jawab atas pemasaran produk KPR sehingga mendapatkan data yang akurat pada proses penelitian yang diteliti. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Apakah pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan nasabah di Bank Muamalat Capem Tulungagung? (2) Apakahbiaya Administrasi berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan nasabah di Bank Muamalat Capem Tulungagung? (3) Apakah pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan biaya Administrasi secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah di Bank Muamalat Capem Tulungagung? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif dengan metode analisis kuantitatif. Apa saja fitur dari pembiayaan Umrah BRI Syariah?

Baca Juga :  Tips Desain Dapur Kecil

About Author: Eva Susanti

Gravatar Image
Eva Susanti adalah nama penanya. Gadis yang kini berusia 28 tahun sudah tertarik dengan psikologi . Kini Ia bekerja di salah satu Penerbit Buku Pendidikan di Yogyakarta. Di luar kerja, Ia lebih memilih menghabiskan waktu produktif menulis buku.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed