by

Rincian Biaya Bangun Rumah

-Berita, Rumah-39 views

Kabarpropertyserpong.com – Kebutuhan akan perumahan sebagai hunian dan bisnis semakin meningkat. Terutama untuk rumah tinggal dimana setiap orang memimpikan memiliki rumah sendiri. Berbagai penawaran dilakukan para pengembang untuk menarik minat calon pembeli. Tapi jika Anda ingin mencoba membangun rumah sendiri, terutama bila sudah memiliki tanah kosong, mengapa tak mencoba.

Anda tak perlu pusing memikirkannya sendiri, sekarang sudah banyak jasa penyedia layanan untuk membantu menghitung bujet pembangunan rumah tinggal. Atau bisa pula Anda coba merinci biayabangun rumah itu sendiri, seperti berikut ini.

Rincian Biaya Bangun Rumah

Sebelum mulai membangun rumah, Anda harus menentukan terlebih dahulu jenis atau desain rumah seperti apa yang menjadi pilihan Anda. Kemudian Anda tentukan pula luas bangunannya disesuaikan dengan ukuran tanahnya sendiri. Setelah itu bisa mulai dihitung biaya bangun rumah tersebut, terdiri dari:

–     Bahan-bahan bangunan yang dipakai di dalam rumah seperti bak cuci piring di dapur, peralatan toilet untuk kamar mandi dan sebagainya

–     Semen dan batu bata sebagai bahan utama pembangunan rumah

–     Rangka kayu atau teralis untuk pintu dan jendela

–     Atap rumah

–     Cat dan alat-alat untuk furnishing

–     Bahan-bahan lainnya untuk pemasangan instalasi listrik

Lalu ada pula biaya bangunrumah lain yang mungkin hanya sebagai tambahan, jadi bisa dibujetkan diluar pembangunan rumah utamanya, seperti membeli tanaman untuk halaman depan dan lain-lain

Selain itu jangan lupa untuk membereskan biaya lainnya misalnya pembayaran pajak IMB (Izin Mendirikan Bangunan), pajak bumi dan bangunan, serta biaya-biaya lainnya yang awalnya barangkali tidak terpikirkan. Tetapi jika Anda menggunakan jasa pengembang atau jasa arsitek biasanya sudah dicantumkan disana. Maka ada dua kesimpulan yang bisa diprioritaskan ketika sedang membuat bujet untuk biaya bangun rumah, yaitu:

  1. bujet bangun rumah yang dihitung dari ukuran dan luas rumahnya, jadi berdasarkan meter persegi. Contohnya rencana anggaran biaya tersebut dilihat dari luas rumah dikalikan harga bangunan.
  2. bujet bangun rumah bisa dihitung pula dari desain atau denah rumahnya misalnya untuk rumah minimalis atau rumah kayu dan sebagainya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed