by

PRAKTEK MURABAHAH DALAM JUAL BELI RUMAH (Studi Di BNI Syariah Cilegon) –

Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis komparasi.Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat beberapa pebedaan antara gadai syariah dengan konvensional dari segi dalam Gadai Syariah ditetapkan baru satu jenis barang yang dapat digadaikan yakni perhiasan, sementara untuk gadai konvensional ada bermacam-macam jenis barang seperti barang-barang elektronik, perhiasan, kenderaan, peralatan dan rumah tangga; (2) dalam gadai syariah diterbitkan Surat Bukti Rahn sebagai tanda gadai sedangkan dalam gadai konvensional diterbitkan Surat Bukti Kredit. Sementara itu, penyaluran KPR syariah merespon negatif adanya guncangan inflasi, suku bunga kredit, nilai tukar, dan JII. Hasil dari penelitian ini menunjukkan hasil terbaik dari nasabah yang memenuhi kriteria untuk membantu Bank membuat keputusan lebih mudah dan efektif dalam memberikan pinjaman, baik berupa nilai dana yang di dapat dan kandidat nasabah yang mengajukan pinjaman. Sistem ini memproses perankingan yang akan menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif. 6. Jangan membayar sejumlah DP jika Anda merasa janggal dengan dokumen yang dimiliki pengembang. Sejumlah praktisinya mengatakan konsep ini dihadirkan untuk masyarakat yang sulit mengakses KPR dari bank. Dalam konsep syariah, harga dan cicilan sudah ditentukan sejak awal perjanjian sehingga besaran cicilan bersifat tetap sampai lunas.

Pada umumnya, sudah baik dalam bukti langsung dalam pelayanan kepada konsumen, namun dari segi realibility (kehandalan) belum sesuai dengan yang di inginkan konsumen, dari segi Jaminan pada umumnya masih kurang respon petugas pln dalam melayani keluhan konsumen bila terjadi kerusakan listrik prabayar, dari segi empati belum mengetahui perhitungan pemakaian listrik prabayar, namun dari segi daya tanggap sudah baik kepada konsumen dari pelayanan listrik prabayar. Metode Yang Digunakan Dalam Penulisan Laporan Tugas Akhir Ini Adalah Dengan Pengumpulan Data Primer Yaitu Melalui Wawancara Langsung Dengan Narasumber Dan Data Sekunder Yaitu Melalui Studi Pustaka Mengenai Kredit Pemilikan Rumah Btn Syariah. Tinjauan Ekonomi Syariah tentang pelayanan listrik prabayar (listrik pintar) pada pemenuhan kebutuhan konsumen belum berjalan sesuai dengan konsep pelayanan menurut Ekonomi Syariah dari segi Tangible (Bukti Langsung), Assurance (Jaminan), Realibility (Kehandalan), Responsiveness (Daya Tanggap) dan Empati, Seperti pihak PLN belum bisa menanggapi segera setiap keluhan konsumennya. Sebagaimana kita ketahui bahwa sesuai dengan Undang-undang RI No.7 Tahun 1992 sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang No.21 Tahun 2008 Tentang perbankan disebutkan bahwa bank adalah sebagai penghimpun dana dalam bentuk simpanan, penyalur dana dan sebagai penyedia jasa dalam Transaksi Keuangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prosedur dan mekanisme penyaluran pembiayaan KPR subsidi di BRI Syariah Kantor Cabang Sidoarjo memiliki 10 Tahapan dan menggunakan Akad Murbahah yang sesuai syariah.

Baca Juga :  30 Contoh Desain Interior Apartemen 2 Bedroom - Desain.id

Desain Rumah Ukuran 10x12 Meter - Image Inspiration Menggunakan prinsip jual beli (murabahah) dengan akad murabahah bil wakalah. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis kualitatif dengan menggunakan metode deduktif indukatif untuk di tarik sebuah kesimpulan. Metode penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yaitu suatu penelitian yang menggambarkan produk ini dikhususkan kepada siapa, bagaimana mekanisme pembiayaan produk CCF Ib hasanah ini khususnya pada pembiayaan rumah, dan kendala apa saja yang dihadapi oleh Bank BNI Syariah Cabang Banjarmasin tentang pembiayaan CCF IB Hasanah. Riduan, Riduan (2020) Mekanisme dan Resiko Pembiayaan CCF Ib Hasanah, pada Bank BNI Syariah Cabang Banjarmasin. Dalam proses pembelian rumah syariah juga bisa dibilang sistemnya mudah dan tidak rumit. Lamanya usahatani dan jumlah tanggungan keluarga secara parsial tidak berpengaruh pada sikap petani terhadap produk Bank Syariah Mandiri. Sikap petani terhadap produk Bank Syariah Mandiri dalam kategori setuju dengan skor 77,78%. Berdasarkan uji F menunjukkan bahwa secara serempak ada pengaruh yang signifikan antara umur petani, tingkat pendidikan, lamanya usahatani, jumlah tanggungan keluarga, dan pendapatan rumah tangga petani per bulan pada sikap petani terhadap produk Bank Syariah Mandiri. Berdasarkan uji t didapatkan hasil bahwa umur petani, tingkat pendidikan dan pendapatan rumah tangga petani per bulan secara parsial berpengaruh pada sikap petani terhadap produk Bank Syariah Mandiri. Latar belakang dalam Penulisan tugas akhir ini adalah hadirnya pembiayaan KPR ( Kredit Pemilikan Rumah ) di sebabkan karena adanya permintaan masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan rumah secara cicilan.

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) merupakan pembiayaan konsumtif yang ditujukan untuk kepemilikan rumah tinggal. Robi Atun (2017) : Pelayanan Listrik Prabayar (Listrik Pintar) Pada Pemenuhan Kebutuhan Konsumen Di kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Penelitian ini di latarbelakangi kurangnya dalam pelayanan yang diberikan oleh PT. ROBI ATUN (2017) PELAYANAN LISTRIK PRABAYAR (LISTRIK PINTAR) PADA PEMENUHAN KEBUTUHAN KONSUMEN DI KELURAHAN SIMPANG BARU KECAMATAN TAMPAN DI TINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH. Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat diperumahan kelurahan simpang Baru yang memakai listrik prabayar sedangkan yang menjadi objeknya adalah pelayanan listrik prabayar (listrik pintar) pada pemenuhan kebutuhan konsumen. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, bahwa pelayanan listrik prabayar pada pemenuhan kebutuhan konsumen menerapkan 5 indikator pelayanan yang terdiri dari: bukti nyata, keandalan, jaminan, daya tanggap dan empati. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pelayanan listrik prabayar (listrik pintar) pada pemenuhan kebutuhan konsumen , bagaimana tinjauan Ekonomi Syariah pada pelayanan listrik prabayar pada pemenuhan kebutuhan konsumen di kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelayanan listrik prabayar pada pemenuhan kebutuhan konsumen di Kelurahan Simpang Baru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perumahan yang ada dikelurahan simpang baru yang memakai listrik prabayar berjumlah 40 perumahan. Penulis melihat kurangnya respon PLN dalam melayani keluhan masyarakat terutama bila terjadi kerusakan pada listrik prabayar.   DEMO.

Baca Juga :  Bangunan Bentuk Gelas Setinggi 3,6 Meter Ini Diprotes Warga

About Author: Eva Susanti

Gravatar Image
Eva Susanti adalah nama penanya. Gadis yang kini berusia 28 tahun sudah tertarik dengan psikologi . Kini Ia bekerja di salah satu Penerbit Buku Pendidikan di Yogyakarta. Di luar kerja, Ia lebih memilih menghabiskan waktu produktif menulis buku.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed