by

Perumahan Syariah Murah

DAMAR KAMPUNG QURAN hunian Islami yang berada strategis di tengah kecamatan Ciampea, Bogor Barat, yang tengah berkembang pesat, dilengkapi dengan komitmen kajian Al-quran rutin bagi Anda dan anggota keluarga Anda, dapat menciptakan lingkungan yang seimbang lahir-batin. Bagi umat muslim, riba merupakan sesuatu yang diharamkan. “Property Syariah secara umum mempunyai 7 Prinsip dalam bermualat yang Insyaallah sesuai Syariat Islam,” ujarnya. Tidak ada perhitungan bunga dalam pembiayaan syariah, seperti dalam skema kredit di bank konvensional. Lantas, apa bedanya kredit rumah syariah dengan KPR konvensional? Untuk KPR konvensional kemungkinan nilai angsuran yang berubah naik tiap tahunnya mengikuti suku bunga yang berlaku di Indonesia. Angsuran yang harus dibayar nasabah setiap bulan adalah Rp750 juta dibagi 180 bulan, yaitu Rp4,2 juta. Nilai angsuran merupakan jumlah uang yang harus dibayarkan untuk cicilan KPR tiap bulan atau tahunnya, ini tergantung pada harga rumah yang dibeli. Besar kecilnya margin menentukan cicilan yang harus Anda bayar setiap bulannya. Plafon pembiayaan lebih besar. Minimal nilai pembiayaan yang bisa didapatkan adalah Rp25 juta dan maksimal hingga Rp3,5 miliar. Namun tidak semua orang mampu membeli rumah dengan cara cash (tunai) karena harga rumah yang semakin lama semakin mahal. Bagi yang tertarik, Anda dapat memilih tipe rumah 60 m2 untuk 2 lantai dan 41 m2 untuk 1 lantai.

Cicilan Rumah SyariahData created by DEMO!

Kehadiran perumahan syariah tentu saja menjadi jawaban bagi muslim yang memiliki impian membeli rumah yang bebas riba. Kami hadir untuk memenuhi Banyak permintaan saudara Muslim untuk mendapatkan rumah harga terjangkau dan berkah. Pastikan Anda memahami seluk beluk KPR sebelum membeli rumah. Dalam hal produk KPR atau kredit pemilikan rumah syariah, tentunya ada pula yang membedakannya dengan KPR konvensional. Sementara prinsip KPR konvensional adalah transaksi jual beli dengan syarat dan ketentuan yang ditetapkan bank pemberi kredit. Sementara KPR konvensional menggunakan sistem pengajuan kredit biasa. Sistem ini juga berlaku pada KPR konvensional. Legowo dalam acara Standard Chartered 2020 Academy fo Media meminta masyarakat untuk berhati-hati dalam berinvestasi, khususnya perumahan, sebab pada saat memasarkan produk biasanya investor tidak memiliki keberadaan tanah. Untuk mengatasi kemacetan pembayaran ini, biasanya pihak developer akan memberi peringatan saja. Dalam KPR syariah, terdapat empat jenis akad atau perjanjian jual-beli yang biasanya ditawarkan oleh bank. Dalam hal ini, bank tidak menentukan bunga namun mengambil margin dari pembelian rumah. Namun, bank akan meminta kita untuk membuat rekening dan kita diwajibkan mengisinya selama masa pembangunan berjalan. Budi pun diwajibkan membayar uang sewa selama masa perjanjian. Budi ingin membeli rumah seharga Rp 500 juta. Dia pun menandatangani akad sewa beli untuk KPR syariah dari Bank X. Berdasarkan akad ini, maka Bank X akan membeli rumah tersebut dan menyewakannya kepada Budi untuk jangka waktu 20 tahun.

Baca Juga :  Tips Desain Rumah Terbaru, Balkon Bisa Jadi Tempat Bersantai Yang Nyaman - Tribunlampung.co.id

Misalnya, Anda ingin mengambil KPR dengan masa tenor 15 tahun dan pembiayaan rumah sebesar Rp500 juta. KPR Syariah dapat berupa pembiayaan jangka pendek, menengah, atau panjang guna membiayai pembelian rumah tinggal, baik baru ataupun bekas dengan prinsip/akad murabahah atau dengan akad lainnya. Kredit Pemilikan Rumah atau KPR Syariah sendiri merupakan pembiayaan jangka pendek, menengah, atau panjang untuk pembelian rumah tinggal, baik baru maupun bekas, dengan menerapkan prinsip/akad (murabahah) atau dengan akad lain. Mulai dari mengumpulkan uang kemudian membeli secara cash keras, membangun dengan cara mencicil peralatan, mengajukan kredit pemilikan rumah (KPR), hingga yang terbaru dan populer adalah mengajukan cicilan secara syariah alias tanpa riba. Dalam akad musyarakah, pembeli dan bank sama-sama patungan membeli rumah, misalnya dengan porsi 20%:80%. Status rumah tersebut kemudian menjadi milik berdua, yakni pembeli dan bank. Legowo mengaku prihatin dengan maraknya kasus penipuan yang dilakukan pengembang ilegal dalam kasus jual beli rumah, sehingga banyak masyarakat dirugikan. Sebelumnya diberitakan, Polrestabes Surabaya mengungkap penipuan perumahan berkedok syariah yang dilakukan pengembang perumahan “Multazam Islamic Residence” yang dikelola PT Cahaya Mentari Pratama, setelah adanya laporan dari puluhan konsumen yang mengaku tertipu. Berdasarkan penghasilan, konsumen berpenghasilan rendah mayoritas memilih KPR syariah atau sekitar 40 persen responden dibandingkan KPR konvensional sekitar 25 persen responden.

Seperti yang kita ketahui, bahwa sistem pembayaran pinjaman bank konvensional mengenakan pinalti jika peminjam melunasi hutang sebelum masa tenor berakhir. Buat yang belum tahu, KPR adalah sistem pencicilan (kredit) ke bank yang digunakan untuk membeli sebuah rumah. Jika dibandingkan dengan KPR konvensional, perbedaan utama yang paling mencolok dari dua jenis KPR ini terletak pada sistem bunganya. Seperti diawal artikel tadi bahwa ada KPR Syariah dan KPR konvensional dimana keduanya jelas ada perbedaan. “Kalau ada yang belum bayar tidak kami denda, dan kalau menunggak tidak kami sita. Meskipun di awal pengajuan KPR kami tetap meminta kelengkapan administrasi, tetapi kami bukan lembaga keuangan yang terkoneksi dengan BI Rate dan semacamnya, sehingga lebih mudah, simpel dan kekeluargaan. KPR konvensional mengenakan bunga cicilan yang menyesuaikan dengan suku bunga saat itu. Misalnya, suku bunga cicilan 5 tahun pertama bisa jadi berbeda dengan tahun-tahun berikutnya. Tetapi keadaan suku bunga Bank Indonesia ini bisa turun merupakan keadaan yang jarang dan langka. Salah satunya yakni dengan mengajukan pembiayaan perumahan di bank syariah. Bisa dicek dengan cermat apakah ada atau tidak data pengembangnya dan di dalamnya juga ada daftar asosiasi perumahan sebagai pembina pengembang perumahan. Apakah Anda ingin mengambil KPR Konvensional atau KPR Syariah.

Baca Juga :  Teknik Anal Isis Yang Digunakan Bersifat Kualitatif

About Author: Eva Susanti

Gravatar Image
Eva Susanti adalah nama penanya. Gadis yang kini berusia 28 tahun sudah tertarik dengan psikologi . Kini Ia bekerja di salah satu Penerbit Buku Pendidikan di Yogyakarta. Di luar kerja, Ia lebih memilih menghabiskan waktu produktif menulis buku.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed