by

PENERAPAN KREDIT PEMILIKAN RUMAH (KPR) SYARIAH DI INDONESIA – Institutional Repository

Hasil penelitian menunjukkan bahwa developer tidak dapat melaksanakan sebagian kewajibannya yaitu melakukan pembayaran kepada Notaris guna proses pemecahan dan balik nama sertifikat dan hal itu tentu saja tidak sesuai dengan isi dari perjanjian kredit dan sangat merugikan konsumen. Dalam perkembangannya, Bapetarum-PNS berganti nama menjadi Badan Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera). Tol Cipali sepanjang 116 km menghubungkan daerah Cikopo, Purwakarta dengan Palimanan, Cirebon, Jawa Barat dan kini menjadi tol terpanjang ketiga di Tanah Air. 4. Ketentuan lebih lanjut mengenai status kepesertaan Tapera non aktif dan pengaktifan kembali kepesertaan tapera diatur dengan Peraturan BP Tapera. Masyarakat yang ingin memiliki rumah dapat memanfaatkan fasilitas ini dengan mengadakan perjanjian kredit dan tentunya telah memenuhi ketentuan yang dikeluarkan oleh Bank Tabungan Negara. Bank memiliki peranan yang sangat penting untuk menopang perekonomian rakyat, karena melalui bank unit-unit yang memiliki kelebihan modal dapat disalurkan kepada masyarakat melalui pinjaman kredit. Menurut Direktorat Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR, manfaat pembiayaan tapera hanya dapat digunakan oleh pekerja yang masuk kategori Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Pembiayaan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) merupakan salah satu produk yang diperkenalkan Bank untuk membantu masyarakat mendapatkan kredit untuk pengadaan tempat tinggal yang memenuhi syarat. Caranya adalah dengan membantu dari supply side seperti pembangunan infrastruktur, pengadaan lahan dan juga subsidi.

KPR Non-subsidi juga tumbuh perlahan di level 0,90% yoy menjadi Rp80,59 triliun. Hasil penulisan laporan tugas akhir ini diharapkan dapat menjadi saran serta evaluasi untuk PT. Surat Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia tanggal 29 Januari 1974 nomor B-49/IV/I/1974, kepada bank tabungan negara diberi tugas untuk menyediakan dana bagi kredit pemilikan rumah kepada calon pembeli rumah yang berpenghasilan rendah dan menengah untuk membeli rumah yang dibangun oleh penyelenggara proyek perumahan; d. Pembangunan nasional bertujuan untuk mewujudkan suatu masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang merdeka, bersatu dan berkedaulatan rakyat dalam suasana kehidupan banyang aman, tentram, tertib dan dinamis. Perwujudan kesejahteraan rakyat ditandai dengan meningkatnya kualitas kehidupan yang lebih layak dan bermartabat, untuk mencapai perwujudan kesejahteraan rakyat diperlukan pemberdayaan masyarakat di bidang Sandang,Pangan,Papan,terutama di bidang papan yaitu kebutuhan untuk memiliki tempat hunian. Yang membeli rumah-rumah tersebut adalah masyarakat calon Pembeli. Kemudian pihak pembeli juga bisa mencicil dana sebesar alokasi yang diberikan perbankan ke penjual rumah ditambah dengan bunga bank, biaya administrasi dan biaya lain-lainnya. This data done by GSA   DEMO.

Baca Juga :  9 Inspirasi Model Rumah Minimalis 3 Kamar - Design Rumah

Sedangkan jaminan atas kredit, yang diberikan kepada pembeli/ kreditur adalah rumah berikut tanah yang mereka beli dengan kredit pemilikan rumah tersebut; e. Kesimpulannya yaitu menunjukkan bahwa dalam prosedur pelaksanaan Kredit Pemilikan Rumah yang diterapkan oleh Bank BTN Cabang Surakarta terdiri dari prosedur permohonan kredit, penyidikan dan analisis kredit, prosedur keputusan permohonan kredit,prosedur realisasi kredit, dan prosedur pelunasan kredit yang telah dilaksanakan sesuai standart ketentuan pemberian kredit yang ditetapkan oleh kantor pusat dan Bank Indonesia. Baru setelah proses jual beli rumah antara penjual dengan pembeli selesai diproses oleh notaris selaku pejabat pembuat akta tanah, dan pihak pembeli tersebut memerlukan bantuan kredit pemilikan rumah dari kreditur dalam perjanjian kredit, baru kreditur memberikan kredit pemilikan rumah kepada pembeli yang bersangkutan, sepanjang pembeli telah memenuhi ketentuan kredit pemilikan rumah, demikian pula perihal rumah yang akan dibeli. Setelah diadakan pembebasan hak atas tanah, PT Pembangunan Darmo Grande mengajukan permohonan hak atas tanah yang dibebasksn tersebut kepada menteri Dalam Negeri, kemudian dikeluarkan Surat Keputusan Pemberian Hak kepada PT Pembangunan Darmo Grande, sebagai hak guna bangunan induk. Kemudian didaftarkan di Kantor Agraria Seksi Pendaftaran Tanah Kotamadya Daerah Tingkat II Surabaya diterbitkan sertifikat hak guna bangunan induk sebagai alat bukti hak atas tanah yang diperoleh PT Pembangunan Darmo Grande; g.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa Penerapan perjanjian standar pengikatan jual beli rumah secara kredit pada Bank BTN Cabang Lubuklinggau belumlah mencerminkan asas kebebasan berkontrak (freedom of contract serta asas itikad baik (good faith). Mengingat begitu pentingnya prinsip kehati-hatian, maka sangat diperlukan pengawasan dan pembinaan dari Bank Indonesia khususnya, berkaitan dengan penerapan prinsip kehati – hatian demi mewujudkan system perbankan yang sehat. Suyarti, suyarti and Fitriyah, Farida and Rosari, Widiya N. (2017) PENERAPAN PERJANJIAN STANDAR PENGIKATAN JUAL BELI RUMAH SECARA KREDIT PADA BANK BTN CABANG LUBUKLINGGAU DITINJAU DARI ASAS-ASAS HUKUM PERJANJIAN. Hasil penelitian ini membuktikan melalui metode penelitian yuridis normatif bahwa Manfaat dengan dikeluarkannya PBI 17/10/PBI/2015 dapat dirasakan oleh Bank yaitu adanya kepastian hukum dan keamanan dalam pemberian kredit yang berupa jaminan tanah dan rumah melalui penaksiran oleh Penilai intern atau Penilai independent serta meningkatnya pemberian kredit dalam pemilikan tanah dan rumah melalui sistem Kredit Pemilikan Rumah yang berguna untuk keuntungan pihak bank dan Manfaat untuk konsumen dengan dikeluarkannya PBI Nomor 17/10/PBI/2015 adalah kelonggaran biaya dan keamanan serta kepastian hukum dalam memperoleh tanah dan rumah melalui Kredit Pemilikan Rumah serta Seperti banyak kasus yang terjadi di masyarakat dimana pengembang properti meminta uang muka (down payment) hingga pencairan KPR seutuhnya padahal rumah yang dimaksud belum selesai dibangun.

Baca Juga :  Inspirasi Dan Tips Desain Interior Apartemen Minimalis - Sejasa.com

About Author: Eva Susanti

Gravatar Image
Eva Susanti adalah nama penanya. Gadis yang kini berusia 28 tahun sudah tertarik dengan psikologi . Kini Ia bekerja di salah satu Penerbit Buku Pendidikan di Yogyakarta. Di luar kerja, Ia lebih memilih menghabiskan waktu produktif menulis buku.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed