by

Penelitian Ini Adalah Kuantitaf

Adapun permasalahannya tersebut adalah: (1). Bagaimanakah pelaksanaan akad pembuatan rumah borongan di Desa Seribandung Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir? (2). Bagaimanakah Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap Risiko kerugian pembuatan rumah borongan di Desa Seribandung Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir?. Penelitian ini untuk mengetahui penerapan kebijakan Finance to value untuk kredit pemilikan rumah Syariah (KPRS) pada Bank Muamalat Binjai Pada tahun 2015 sampai dengan 2017. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa Bank Muamalat telah menerapkan kebijakan Finance to value (FTV) pada produk KPR sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia (BI) dan penerapan tersebut berdampak pada penurunan penyaluran fasilitas KPR. Prosedur KPR pada BRISyariah KCP Tebing Tinggi mulai dari mengajukan permohonan kredit, verifikasi, analisa, akad dan realisasi bagi masyarakat cukup jelas dan memudahkan dalam mendapatkan kredit kepemilikan rumahnya dengan syarat dan ketentuan yang mudah dipahami. KPR ini mulai populer karena semakin banyak yang menggunakannya, terlebih pasangan muda yang tinggal diperkotaan. “Setelah itu, baru kami mulai mencari atau melangkah ke proyek berikutnya,” kata Hadiana. Hasil penelitian bahwa proses dalam pelaksanaan perjanjian Pembiayaan KPR di Bank Sumut Syariah KCP kota Baru Marelan menggunakan akad murabahah berdasarkan Fatwa Dewan Syariah nasional Nomor 04/DSN-MUI/IV/2000 tentang murabahah.

Rumah Batak ethnic icon tribe indonesia traditional house Fotokopi surat pemesanan Rumah/ SPR untuk rumah baru dari developer yang bekerja sama. Mitigasi risiko pembiayaan yang diterapkan BRI Syariah adalah dengan pengikatan agunan murni yaitu rumah yang dijadikan sebagai objek KPR itu sendiri, menyiapkan pencadangan modal, kebijakan mengutamakan pemberian pembiayaan KPR hanya kepada calon nasabah yang memiliki fix income yaitu nasabah yang berstatus karyawan tetap. Dalam melakukan transaksi, prinsip yang harus dijunjung adalah tidak ada kedzhaliman yang dirasa pihak-pihak yang terlibat pada pembuatan produk Rumah Makan Bunda Bengkulu. Berdasarkan dari hasil penelitian faktor- faktor penyebab kecenderungan ibu rumah tangga di Desa Kuntu Toeroba Kecamatan Kampar Kiri melakukan pembelian barang rumah tangga secara kredit: Pertama, faktor keuangan. Tahap – tahap pemberian pengkreditan pada BRISyariah KCP Tebing Tinggi mempermudah masyarakat untuk pembayaran cicilan dengan menggunakan sistem bagi hasil. Sehingga dapat diketahui bahwa tinggi rendahnya harga akan mempengaruhi penjualan produk usaha. Kita akan dikenakan pinalti jika membayar lunas sebelum selesai tenor. Marketing DAV Properti Syariah, Indra mengungkapkan dalam bermuamalah tentunya harus sesuai dengan Syariat Islam agar hidup kita berkah. Kita tahu bahwa KPR adalah salah satu fasilitas yang diberikan berupa kredit yang tentu saja meringankan beban masyarakat untuk bisa mendapatkan rumah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum yuridis normatif dengan pendekatan maslahah dan maqashid al-syariah, pendekatan prinsip syariah perbankan, pendekatan al-adad al-muhakamah, dan pendekatan hukum tanah positif.

Baca Juga :  9 Cara Memulai Bisnis Properti Dari Nol Tanpa Modal - Cermati.com

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan analisis SWOT produk KPR dengan akad murabahah pada Bank BNI Syariah KCP Banjarmasin memiliki kekuatan seperti Tidak menganut prinsip riba, angsuran tetap sampai lunas, proses persetujuan pembiayaan mudah dan relatif cepat, uang muka ringan, jangka waktu pembiayaan sampai 15 tahun atau 20 tahun, pembayaran angsuran melalui debet rekening secara otomatis, harga bersaing, bebas biaya provisi dan appraisal, bebas biaya administrasi, tanpa denda. Untuk itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan sistem dan prosedur pembiayaan kesejahteraan pegawai pada pembiayaan pemilikan rumah dalam produk murabahah di Bank Jabar Banten Syariah. Berdasarkan Hasil Penelitian menunjukkan bahwa PT. Penelitian ini merupakan hasil penelitian lapangan (field research) di Bank Maybank Surabaya.Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini diantaranya, yaitu: Pertama, penulis ingin mengetahui apa saja faktor penyebab kecenderungan ibu rumah tangga melakukan pembelian secara kredit. Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa Rumah Basmalah dalam menggunakan jaminan hak tanggungan pada transaksi jual beli bangunan rumah belum sepenuhnya diterapkan, sehingga Rumah Basmalah tidak dapat mengeksekusi secara langsung dibawah tangan atas jaminan yang diberikan ketika user melakukan cidera janji. Berdasarkan hasil dari penelitian, dapat di ketauhi bahwa : (1). Pelaksanaan Akad pembuatan rumah borongan di Desa Seribandung Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan ilir dalam melakukan hal tersebut menggunakan akad Ijarah yaitu dengan sewa menyewa jasa tukang, dan pelaksanaan akadnya secara lisan tetapi ada juga secara tertulis. Data with .

Subjek dari penelitian ini adalah pihak dari Bank BNI Syariah yang lebih mengetahui tentang produk KPR, sedangkan objek dari penelitian ini adalah Analisis SWOT Produk KPR BNI Syariah Kantor Cabang Banjarmasin. Jenis penelitian lapangan yang bersifat deskriptif, berlokasi di Bank BNI Syariah KCP Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris atau studi lapangan yang menggambarkan data dan informasi di lapangan berdasarkan fakta yang diperoleh secara mendalam bersifat teknis dan terapan. Penelitian ini merupakan penelitian yuridis empiris dengan pendekatan hukum Islam, yang kemudian dilakukan analisis secara kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensia, selanjutnya penulis juga melakukan analisis secara kualiatatif. Dalam melakukan pembelian secara kredit biasanya ibu rumah tangga di Desa Kuntu Toeroba ini ada yang menggunakan uang muka dan ada yang tidak, dan angsuran biasanya dibayar per minggu dan per bulan. Kedua,untuk mengetahui bagaimana praktek jual beli barang rumah tangga secara kredit di Desa Kuntu Toeroba Kecamatan Kampar Kiri, dan ketiga bagaimana tinjauan ekonomi syariah terhadap jual beli barang rumah tangga secara kredit. Berdasarkan tinjauan ekonomi syariah terhadap jual beli barang rumah tangga secara kredit yang dilakukan oleh ibu rumah tangga di Desa Kuntu Toeroba Kecamatan Kampar Kiri sesuai dengan prinsip ekonomi syariah.

Baca Juga :  35+ Gambar Rumah Minimalis Tanpa Genteng Terbaik - Lingkar PNG

About Author: Eva Susanti

Gravatar Image
Eva Susanti adalah nama penanya. Gadis yang kini berusia 28 tahun sudah tertarik dengan psikologi . Kini Ia bekerja di salah satu Penerbit Buku Pendidikan di Yogyakarta. Di luar kerja, Ia lebih memilih menghabiskan waktu produktif menulis buku.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed