by

Jenis Data Yang Digunakan Adalah Data Primer

Kemudian memperoleh dari data sekunder (tidak langsung) yaitu literatur lainnya yang relevan dengan permasalan yang dikaji. Kemudian data yang terkumpul dianalisis secara induktif, yaitu untuk menggambarkan prosedur, mekanisme serta analisis hukum mengenai obyek untuk ditarik sebuah kesimpulan. Adapun implikasi dari penelitian ini adalah dengan adanya upaya pengembangan bisnis melalui analisis SWOT dapat memperkuat strategi peningkatan properti syariah dan mengatasi jual beli kepemilikan rumah yang belum sesuai dengan nilai Islam. Bank pelaksana pada produk ini adalah bank umum, bank umum syariah dan unit usaha syariah yang bekerjasama dengan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dalam rangka penyaluran kemudahan dan atau bantuan perolehan bagi rumah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil bahwa pelaksanaan pemberian Kredit Pemilikan Rumah (KPR) pada bank konvensional dan bank unit syariah berdasarkan prinsip kehati-hatian memiliki perbedaan dalam hal perjanjian, jangka waktu, ketentuan biaya dan perhitungan bunga atau bagi hasil. Perbedaan antara KPR syariah dan KPR konvensional adalah bank syariah menjual barang pada nasabah dan bank konvensional memberi kredit (uang) pada nasabah, hutang nasabah pada bank syariah sebesar harga jual (tetap), hutang di bank konvensional sebesar kredit ditambah bunga (berubah – ubah).

masjid-balad-residence-bojongsari-depok Jenis penelitian hukum ini adalah penelitian hukum sosiologis, Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode observasi dan wawancara terstruktur serta kajian kepustakaan yang berkaitan dengan permasalahan. Pembiayaan murabahah di Bank Jateng Syariah KC Semarang menyediakan produk IB Griya untuk pembelian rumah dengan syarat – syarat dan prosedur yang telah ditentukan oleh bank. S. Parman. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer yaitu hasil wawancara, dokumtasi, observasi dan data sekunder yang di peroleh dari berbagai literature yang berkaitan dengan masalah yang diteliti adapun teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, sedangkan analisa data penelitian ini menggunakan analisis deskritif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kesyariahan akad murabahah pada produk KPR BRI Syariah iB KC. Metode analisis menggunakan Path Analysis dimana data FDR pembiayaan KPR sebagai variabel intervening antara SBI, PDB, inflasi, DPK dan total aset terhadap NPF pembiayaan KPR. 95 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner (angket), wawancara dan dokumentasi. Ketika akan membeli rumah, Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah opsi yang paling populer diambil oleh kebanyakan orang.

Baca Juga :  Desain Rumah Minimalis 2 Lantai 6x12 - Desain Rumah Modern

Proses Seleksi Karyawan Secara Syariah, Bagaimana Caranya? - MySharing Kebijakan yang diambil untuk mengatasi kendala tersebut dengan memaksimalkan pelayanan, memberikan inovasi baru dan berbeda dan memanfaatkan berbagai media untuk promosi. Dan 48,1% kepuasan pelanggan di pengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Abstract: Kegiatan pokok utama bank adalah menghimpun dana dari masyarakat berupa tabungan, giro, deposito dan menyalurkan dana kembali pada masyarakat dalam bentuk kredit, ini diwujudkan dalam bentuk pemberian kredit, salah satunya adalah Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Dalam buku dikatakan faktor penyebab pembiayaan bermasalah berasal dari pihak bank dan nasabah. Akan tetapi, Bank Syariah hanya melakukan akad Wakalah kepada Nasabah saja sedangkan tidak kepada Developer. Bank Tabungan Negara (Persero) Kantor Cabang Syariah Yogyakarta. 102 PADA PT. BANK BRI SYARIAH CABANG PEKANBARU. Mastura, Leni (2018) Penerapanan Akad Murabahah Pada Produk Pembiayaan KPR Di Bank BRI Syariah KC. KPR BRI Syariah iB adalah pembiayaan kepemilikan rumah kepada perorangan untuk memenuhi sebagian atau keseluruhan kebutuhan akan hunian dengan menggunakan prinsip jual beli (murabahah) dimana pembayarannya secara angsuran dengan jumlah angsuran yang telah ditetapkan di muka dan dibayar setiap bulan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pembiayaan murabahah pada IB Griya Bank Jateng dan membandingkannya dengan kesesuaian fatwa DSN mengenai murabahah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dimana penelitian ini dilakukan dengan cara menuliskan yang bertujuan untuk mengetahui aplikasi akad murabahah pada produk KPR BRI Syariah iB dan mengetahui adakah perbedaan antara teori dengan praktek pada akad murabahah dilihat dari segi hukum islam yang ada di BRI Syariah KC. KPR Syariah bukanlah sekedar tentang konsep rumah hunian seperti di perumahan yang dibangun masjidnya, ada madrasah tahfidznya, terdapat pengajian warganya dan lain sebagainya,tetapi juga dari skema kepemilikan rumah tersebut. Hukum Islam tidak mengharuskan bentuk kepemilikan secara tertulis seperti sertifikat, sedangkan dalam hukum tanah positif harus ada bukti sertifikat tanah tertulis atas nama bank syariah untuk membuktikan bahwa bank syariah sebagai pemilik tanah dan rumah. Nah, bagi Sobat Sikapi yang sudah memasuki usia kerja dan berkeluarga, tentu salah satu tujuan keuangan yang ingin dicapai adalah memiliki hunian sendiri. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, data tersebut diperoleh dari studi kepustakaan, internet, jurnal serta literatur-literatur yang relevan dengan penelitian. 2. Dalam memenuhi kebutuhan rumah, BTN Syariah sudah memberikan kontribusi bagi masyarakat. Post by GSA DEMO.

Baca Juga :  Semoga Semua Bisnis Anda Semakin Sukses

About Author: Eva Susanti

Gravatar Image
Eva Susanti adalah nama penanya. Gadis yang kini berusia 28 tahun sudah tertarik dengan psikologi . Kini Ia bekerja di salah satu Penerbit Buku Pendidikan di Yogyakarta. Di luar kerja, Ia lebih memilih menghabiskan waktu produktif menulis buku.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed