by

Informan Penelitian Diambil Secara Purpssive Sampling

Salah satunya yaitu pada produk Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Hasil penelitian menunjukkan bahwa profit selling Bank Muamalat Indonesia (BMI) Cabang Banjarmasin dalam menyalurkan KPR kepada masyarakat menggunakan penawaran margin tetap per tahun dan menggunakan model transaksi akad musyarakah mutanaqisah dan murabahah dalam menghindari akad ribawi pada Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Dikarenakan kualitatif, penelitian dilakukan dengan wawancara langsung kepada management Bank Muamalat Indonesia (BMI) cabang Banjarmasin sehingga diketahui bagaimana profit selling dalam penyaluran KPR maupun model transaksi akad yang dilakukan Bank Muamalat Indonesia (BMI) cabang Banjarmasin dalam menghindari transaksi riba pada KPR. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Profit Selling atau keuntungan penjualan pada Bank Muamalat Indonesia (BMI) Cabang Banjarmasin dalam mengambil untung pada Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan ingin mengetahui model transaksi akad yang digunakan Bank Muamalat Indonesia (BMI) Cabang Banjarmasin dalam transaksi Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dalam menghindari riba. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi proses pelaksanaan pembiayaan syariah pertanian di KSM-KUB Jaya Amanah dan menganalisis risiko serta mitigasi yang terjadi dalam program RPP di KSM-KUB Jaya Amanah. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 20 risiko prioritas, 4 mitigasi utama, pengontrolan mitigasi, penjagaan arus informasi dan komunikasi, serta monitoring untuk seluruh kegiatan manajemen risiko dalam program RPP. Maka dalam penelitian ini isu hukum yang dibahas yaitu mengenai karakteristik akad pembiayaan musyarakah mutanaqisah di bank syariah, dan juga upaya bank dalam mitigasi risiko terhadap kepemilikan bersama daam akad pembiayaan musyarakah mutanaqisah.

rumah syariah bekasi setu (12) Namun, dalam pelaksanaannya banyak kekhawatiran akan terjadinya risiko yang terduga maupun tidak terduga yang akan mempengaruhi proses jalannya program Rumah Pembiayaan Pertanian jika tidak segera ditentukan tindakan mitigasi yang tepat. Terdapat risiko – risiko yang timbul dalam praktik perbankan, terkait kepemilikan bersama antara Bank dan Nasabah, seperti risiko yuridis terkait sertifikat hak kepemilikan yang langsung di atasnamakan nasabah, status para pihak dalam praktik ijarah (sewa), dsb. Lembaga Mikro Syariah (LKMS) dapat dijadikan solusi terbaik untuk merealisasikan pembiayaan syariah pertanian ke petani-petani secara langsung. LKMS yang menjalankan pembiayaan syariah pertanian salah satunya adalah KSM-KUB Jaya Amanah yang dibina langsung oleh LAZ Al-Azhar melalui program Rumah Pembiayaan Pertanian (RPP). Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif sehingga penulis langsung melakukan penelitian, peninjauan dan pendalaman pada praktik Bank Muamalat Indonesia (BMI) cabang Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini memberikan implikasi pengembangan teori hybrid contract yang melahirkan konsep One Composed System (satu susunan yang tersistem). Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Syariah Pekanbaru terdapat beberapa kendala yaitu dalam hal persaingan, berkas dan tahapan, promosi, margin pembiayaan yang kompetitif, serta kurangnya sosialisasi ke masyarakat.pandangan ekonomi Islam tentang penyaluran pembiayaan di BTN Syariah KCS.

Baca Juga :  Metode Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Adalah Metode Prototype

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) faktor belajar rata-rata sebesar 56 persen, motivasi rata-rata sebesar 100 persen, persepsi rata-rata sebesar 59 persen, ekonomis rata-rata sebesar 98 persen, religiusitas rata-rata sebesar 63 persen, kepribadian dan konsep diri rata-rata sebesar 85 persen, kepercayaaan dan sikap rata-rata sebesar 95 persen, faktor dorongan dari luar 91 persen, serta kelas sosial rata-rata sebesar 60 persen mendasari keputusan responden dalam memilih dan menggunakan produk pembiayaan KPR di BTN KCS Surakarta; (2) faktor-faktor perilaku konsumen yang lebih dominan mendasari keputusanan nasabah dalam memilih dan menggunakan produk pembiayaan KPR di BTN KCS Surakarta adalah faktor motivasi, kepribadian dan konsep diri, ekonomis, faktor dorongan dari luar, serta kepercayaan dan sikap. Uang muka ringan hanya satu persen dari harga rumah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyaluran pembiayaan pada produk kredit kepemilikan rumah (KPR) Bersubsidi untuk kalangan masyarakat berpenghasilan rendah di PT. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, dengan sumber data primer diambil dari lokasi penelitian yaitu Bank Syariah Mandiri KCP Ujungberung Bandung yakni mengenai pelaksanaan pembiayaan renovasi rumah melalui akad al-murabahah dan wakalah.

Produk pembiayaan dalam ajaran syariah adalah pembiayaan jual – beli Istishna, yaitu transaksi jual beli dengan pesanan, yang mana pihak pembeli memesan suatu barang kepada pihak penjual untuk dibuatkan baginya, dan mengenai pembayarannya dapat dilakukan dimuka sekaligus, bertahap sesuai dengan progress pengerjaan, atau malah dicicil dalam jangka panjang, semua dapat diatur sesuai dengan perjanjian Penelitian Ini dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan yuridis normatif yang menitikberatkan penelitian terhadap asas dan norma serta bersifat deskriptif analisis untuk menganalisis antara perundang- undangan yang berlaku dengan praktik yang terjadi dilapangan. Penelitian ini menggunakan metode Enterprise Risk Management. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penyaluran pembiayaan KPR bersubsidi untuk masyarakat golongan menengah kebawah di BTN Syariah KCS. Dengan adanya KPR bersubsidi ini dapat membantu masyarakat menengah kebawah dalam memperoleh rumah layak huni. Pekanbaru dimasa covid-19. Apa saja kendala- kendala pada masa pandemic covid-19 terhadap penyaluran pembiayaan KPR bersubsidi di BTN Syariah KCS. Pekanbaru pada Masa Pandemi Covid- 19. Tingkat persaingan dalam dunia perbankan syariah menuntut setiap perbankan dan instansi lainnya untuk mampu melaksanakan kegiatan penyaluran dengan lebih efektif dan efisien setiap saat apalagi pada masa covid- 19 saat ini. Permasalahan utama dalam kegiatan usahatani ialah kurangnya permodalan. Febria Arbayana, 2015, Profit Selling Bank Muamalat Indonesia (BMI) Cabang Banjarmasin Dalam Menyalurkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Skripsi, Perbankan Syariah, Fakultas Syariah Dan Ekonomi Islam.

Baca Juga :  Subsidi Kredit Rumah Dipangkas, Ini Dampaknya Terhadap KPR Perbankan

Post created by   .

About Author: Eva Susanti

Gravatar Image
Eva Susanti adalah nama penanya. Gadis yang kini berusia 28 tahun sudah tertarik dengan psikologi . Kini Ia bekerja di salah satu Penerbit Buku Pendidikan di Yogyakarta. Di luar kerja, Ia lebih memilih menghabiskan waktu produktif menulis buku.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed