by

Evaluasi Sistem Pemberian Kredit Perumahan PT Bank Tabungan Negara (PERSERO) Tbk. Kantor Cabang Solo

Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan perjanjian kredit pemilikan rumah pada Bank Tabungan Negara Surakarta dan untuk mengetahui penyelesaian apabila terjadi wanprestasi. Masyarakat yang ingin memanfaatkan fasilitas KPR-BTN harus mengajukan permohonan tertulis kepada Bank yang dilengkapi dengan syarat dan kelengkapan data. Diskriptif analitis ini adalah menggambarkan sesuatu keadaan hukum seperti apa adanya dengan paradigma teori konstruktivisme, kemudian dituangkan dalam suatu pembahasan yang logis, sistematis dan komprehensif. FLPP adalah dukungan fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan kepada MBR yang pengelolaannya dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Sebagai gantinya, sesuai UU tersebut, pemerintah membentuk Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera). Pekerja dan Pekerja Mandiri dapat memilih prinsip pengelolaan Tapera sesuai dengan prinsip konvensional atau prinsip syariah. Judul : Analisis penerapan prinsip kehati-hatian terhadap pemberian putusan kredit perumahan rakyat (KPR) subsidi PT. Terkait dengan judul penelitian ini, maka penelitian ini adalah berupaya untuk memaparkan/mengeksploitasi dan menganalisis tentang rekonstruksi kebijakan regulasi perbangkan terhadap perumahan FLPP yang berbasis nilai keadilan. Bahan hukum dalam penelitian ini adalah bahan hukum primer antara lain Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan, dan Undang – Undang Nomor 3 Tahun 2004 Tentang Perubahan Atas Undang – Undang Nomor 23 Tahun 1999 Tentang Bank Indonesia, dan bahan hukum sekunder yaitu Publikasi tentang hukum meliputi buku-buku teks, kamus-kamus hukum. by GSA   DEMO!

Widiastuti, Arum (2019) Rekonstruksi Perubahan Kebijakan Regulasi Perbankan Terhadap Proses Hukum Dan Pelayanan Perumahan FLPP ( Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan ) Yang Berbasis Nilai Keadilan. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, di peroleh kesimpulan sebagai berikut: (1)Bahwa secara prosedur pelaksanaan pemberian KPR Sejahtera-FLPP telah sesuai dengan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Nomor 26/PRT/M/2016 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Nomor 21/PRT/M/2016 Tentang Kemudahan Dan/Atau Bantuan Perolehan Rumah Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah dan hingga saat ini pemberian dan perjanjian KPR Sejahtera-FLPP berjalan sebagaimana mestinya. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) Tbk CABANG PEMBANTU CILACAP, dengan menjelaskan tentang produk KPR yang ada pada PT. BTN (PERSERO) Tbk CABANG PEMBANTU CILACAP, proses dan prosedurnya serta analisis yang digunakan. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) Tbk CABANG PEMBANTU CILACAP bermacam-macam disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, poses dan prosedur mudah, namun masih terdapat keterlambatan proses hingga lebih dari 7 hari, hal tersebut karena keterbatasan SDM, serta analisis kredit yang cukup baik.

Baca Juga :  Jenis Data Yang Digunakan Adalah Data Primer

Unit tersebut memiliki peran yang sangat penting dalam proses pemberian kredit, proses tersebut dibagi menjadi beberapa tahap, yaitu tahap pengenalan produk, syarat-syarat pengajuan kredit, tahap wawancara, analisa data, akad kredit dan tahap pengarsipan data. Adapaun prinsip-prinsip dari proses pemberian kredit 6C yaitu Character, Capacity, Capital, Collateral, Condition of Economy, dan Constraint. 5. Simulasi financial model menunjukkan bahwa beban bunga di atas suku bunga FLPP dan di bawah suku bunga KPR komersil masih dapat dijangkau oleh para ASN dan prajurit TNI/POLRI dengan penghasilan di atas Rp7 juta/bulan. Perbedaan model sistem pembiayaan perumahan tersebut akan memberikan sistem pemahaman baru yang masuk dalam struktur dan tata sosial masyarakat. Memang baru sekali sahaja saya submit kes jual beli rumah saya dengan bank rakyat. Bank Tabungan Negara (Persero) Kantor Cabang Pemabantu Sarijadi telah dilaksankan sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan. Karena perbankan memiliki keterbatasan untuk menyalurkan pinjaman yang tidak sesuai dengan profil sumber dana perbankan, maka sebagian masyarakat yang tidak memenuhi syarat perbankan baik untuk KPR konvensional dan KPR bersubsidi, tergolong kelompok marjinal (3) Sistem pembiayaan perumahan yang semakin berkeadilan, akan mendorong pasar menjadi lebih berkeadilan sehingga prosedur untuk memiliki rumah akan menjadi lebih sederhana dan harga akan lebih terjangkau. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) Tbk CABANG PEMBANTU CILACAP dan dapat memperoleh solusi untuk memenuhi kebutuhan pokok akan rumah.

ABTRAK Semakin berkembangnya jaman semakin banyak tuntutan kebutuhan hidup yang harus dipenuhi, terutama dalam memenuhi kebutuhan pokok akan tempat tinggal, seperti yang tertuang dalam UU No. Hasil penelitian ini dapat dijelaskan bahwa pelaksanaan fasilitas likuiditas pembayaran perumahan di Kecamatan Rumbai Pesisir banyak tidak tepat sasaran. 1. Kelompok sasaran untuk KPR Sejahtera Tapak dan KPR Sejahtera Syariah Tapak adalah MBR dengan penghasilan tetap maupun tidak tetap paling banyak Rp. Juga lain-lain yang memuat galeri rumah sejahtera FLPP, kalkulator KPR sejahtera FLPP, syarat dan ketentuan, tata cara penggunaan aplikasi, serta kontak. Merupakan pakej pembiayaan hartanah kediaman paling fleksibel dan mudah yang berlandaskan konsep syariah musyarakah mutanaqisah atau perkongsian . Sedangkan rumusan masalahnya adalah (1) Mengapa kebijakan regulasi perbankan terhadap proses hukum dan pelayanan perumahan FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan) belum berkeadilan? (2) Apa kelemahankelemahan kebijakan regulasi perbankan terhadap proses hukum dan pelayanan perumahan FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan) saat ini? (3) Bagaimana rekonstruksi kebijakan regulasi perbankan terhadap proses hukum dan pelayanan perumahan FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan) yang berbasis nilai keadilan?.

Baca Juga :  √ 50+ Inspirasi Rumah Minimalis: Desain & Denah, Keren!

About Author: Eva Susanti

Gravatar Image
Eva Susanti adalah nama penanya. Gadis yang kini berusia 28 tahun sudah tertarik dengan psikologi . Kini Ia bekerja di salah satu Penerbit Buku Pendidikan di Yogyakarta. Di luar kerja, Ia lebih memilih menghabiskan waktu produktif menulis buku.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed