by

8 Tahun 2021 Tentang Perlindungan Konsumen

Produk ini merupakan salah satu produk yang ditawarkan oleh Bank – bank di Indonesia untuk membiayai pembelian kredit pemilikan rumah dengan sistim Inden, dengan ketentuan dan spesifikasi yang berlaku. Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil bahwa pelaksanaan pemberian Kredit Pemilikan Rumah (KPR) pada bank konvensional dan bank unit syariah berdasarkan prinsip kehati-hatian memiliki perbedaan dalam hal perjanjian, jangka waktu, ketentuan biaya dan perhitungan bunga atau bagi hasil. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teori studi kasus yang bertujuan untuk menggambarkan penerapan akad murabahah pada pembiayaan KPR Syariah berdasarkan fatwa DSN MUI di BTN syariah cabang harmoni dan untuk mengetahui apakah penerapan akad murabahah pada pembiayaan KPR syariah di BTN syariah cabang harmoni sesuai dengan fatwa DSN-MUI. Direktur Pusat Studi Bisnis dan Ekonomi Syariah Institute Pertanian Bogor (CIEST-IPB) Irfan Syauqi Beik mengatakan data itu menunjukkan pembiayaan rumah tinggal oleh bank syariah semakin diminati masyarakat. KPR inden telah dilaksanakan di masyarakat yang disediakan oleh Bank-bank di Indonesia yang memiliki aturan dan ketetapan yang berlaku. Hasil penelitian ini, Implementasi fatwa DSN-MUI tentang murabahah terhadap praktik pembiayaan murabahah pada pembiayaan KPR Syariah yang dilaksanakan oleh BTN Syariah cabang Harmoni sudah sesuai dan diimplementasikan terutama dalam model pembiayaan murabahah bil wakalah dan perlakuan bagi nasabah wanprestasi.

Perumahan Jatiwarna Rashafa Residence - KPR Syariah Sehingga akad jual beli hanya terjadi pada konsumen dan developer sebagai penjualnya. Adapun implikasi dari penelitian ini adalah dengan adanya upaya pengembangan bisnis melalui analisis SWOT dapat memperkuat strategi peningkatan properti syariah dan mengatasi jual beli kepemilikan rumah yang belum sesuai dengan nilai Islam. Cari informasi biaya KPR dan biaya jual beli properti. Hasil penelitian yang diperoleh, penulis menyimpulkan bahwa kelebihan dan kekuarangan dari KPR inden yaitu mendapatkan harga perdana dan pengguna dapat memesan harga yang relatif murah, dapat memilih lokasi sesuai yang diinginkan, jika pembeli tidak selektif dalam memilih developer maka besar kemungkinan mendapatkan developer nakal karena rentan dengan penipuan. Kedua, usia anak kandung bawah 15 tahun bisa menjadikan saksi karena merupakan keistimewaan mendapatkan kemudahan semasa memberikan keterangan. Kemudian tentukan jenis KPR yang akan Anda inginkan agar tidak menyesal di kemudian hari dan mendapatkan manfaat maksimal dari produk tersebut. Kendala-kendala yang terjadi dalam produk pembiayaan iB Griya Syariah adalah adanya persaingan antar bank, pembiayaan macet, gaji mark up, target tidak terpenuhi, dan permintaaan pembiayaan dengan harga real berbeda.

Baca Juga :  9 Karakteristik & Inspirasi Desain Rumah Minimalis

Munculnya perbankan syariah merupakan hal positif bagi umat muslim yang membutuhkan fasilitas dari perbankan yang bebas riba. Akad-akad pembiayaan tersebut dituangkan dalam akad perjanjian beraktanotaris.(2)Implementasi prinsip-prinsip syariah, yang terdiri dari bebas riba, garar, maisir, haram, dan zalim adalah dengan mencermati klausul akad pembiayaan pada bank Muamalat dan Unit Usaha Syariah BPD Sulselbar, yaitu akad mudarabah, akad musyarakah mutanaqisah, dan akad murabahah. 14/33/Dpbs. Akad musyarakah mutanaqisah pada pembiayaan KPR diharapkan dapat menjadi jalan keluar bagi nasabah untuk memiliki rumah sesuai dengan kemampuan membeli. Musyarakah mutanaqisah memiliki arti kerja sama-sewa. Kini Kamu dapat memiliki rumah sesuai prinsip syariah dengan Akad Modal Bersama (Musyarakah Mutanaqisah / MMQ). Pendekatan penelitian yang digunakan meliputi pendekatan yuridis normatif, pendekatan hukum Islam, pendekatan sosiologis, dan hukum ekonomi Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Bentuk akad pembiayaan yang di operasionalkan pada bank Muamalat cabang Makassar dan Unit Usaha Syariah BPD Sulselbar adalah terdiri dari (a)akad percampuran dengan pola,pertama, real aset dengan financial aset dalam bentuk akad mudarabah yang menghasilkan produk pembiayaan modal kerja.

Selama masa pembiayaan belum selesai, status kepemilikan barang modal adalah milik bersama antara bank nasabah, sehingga risiko yang mungkin terjadi pada barang modal menjadi tanggungjawab bersama. Berdasarkan undang-undang nomor 21 tahun 2008 tentang perbankan syariah, bank syariah tidak boleh melanggar prinsip syariah perbankan dalam melaksanakan kegiatan usahanya, maka prinsip syariah perbankan telah menjadi hukum positif. Berdasarkan hasil penelitian terhadap klausul akad-akad, maka ditemukan bahwa bank Muamalat cabang Makassar dan Unit Usaha Syariah BPD Sulselbar telah mengiplementasikan fatwa-fatwa DSN-MUI dan Peraturan Bank Indonesia dalam klausul akad perjanjiannya. Islam juga memperbolehkan sewa inden dengan fatwa yang telah ditetapkan oleh DSN MUI. Fatwa al-ijarah al-maushufah fi al-dzimmah dikeluarkan oleh DSN MUI untuk melandasi KPR inden karena ketentuannya dianggap cocok, diantaranya harus sesuai dengan jelas dan terukur spesifikasinya, dapat diserah terimakan baik secara hakiki maupun secara hukum, dan sesuai prinsip syariah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara langsung pada Bank Syariah Bukopin Kantor Cabang Surakarta. Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara yaitu dengan melakukan tanya jawab dengan petugas, pegawai dan otoritas (yang berwenang) dan dokumentasi untuk mencari informasi mengenai penerapan akad murabahah pada pembiayaan KPR Syariah. This data done DEMO!

Baca Juga :  Artikel Ini Menggunakan Konsep Strategi Marketing Komunikasi

About Author: Eva Susanti

Gravatar Image
Eva Susanti adalah nama penanya. Gadis yang kini berusia 28 tahun sudah tertarik dengan psikologi . Kini Ia bekerja di salah satu Penerbit Buku Pendidikan di Yogyakarta. Di luar kerja, Ia lebih memilih menghabiskan waktu produktif menulis buku.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed